Kamis, 26 Juni 2014

Apa itu Musik

Menurut Anda apa itu musik?
Ada banyak pengertian musik. Mungkin kita masing-masing memiliki pemahaman sendiri. Di sini ada beberapa pengertian musik secara umum. Silakan ditambahkan kalau Anda punya referensi lain, biar menambah wawasan kita.

Musik bisa didefenisikan sebagai kombinasi melodi, harmoni, dan ritme. Buat orang yang tidak mengerti musik, melodi adalah sesuatu yang bisa kita siulkan, harmoni menggambarkan musik yang mendukung melodi dan ritme adalah ketukan. (Bob Kauflin)

Musik adalah satu alat untuk memuji dan memuliakan Tuhan.

Berkat musik, seseorang bisa menghilangkan kejenuhan dari rutinitas sehari-hari, menyalurkan hobi, bahkan mengungkapkan perasaannya kepada orang lain. Musik juga merupakan ajang untuk pamer kebolehan pada lawan jenis.

Musik adalah senandung lembut yang hadir di lembar-lembar imajinasi, laksana jemari halus yang mengetuk pintu kalbu dan membangunkannya dari tidur yang lelap – membuat hamparan kenangan hadir kembali setelah hilang tertelan pekatnya malam, membuka kembali selubung masa silam setelah tertimbun berbagai peristiwa yang silih berganti pergi dan datang.

Musik adalah cinta yang memengaruhi perjalanan hidup manusia, dimainkan oleh semua bangsa di sepanjang sejarah dan menjadi saksi di setiap sudut fana kehidupan manusia – di hari kelahiran, di upacara perkawinan, di saat kematian; di sarang para penjahat ataupun di rumah-rumah ibadat, di pesta-pesta yang meriah hingga di medan perang yang bersimbah darah. (Musik Dahaga Jiwa, Kahlil Gibran)

Gibran juga menyatakan, “Musik adalah bayangan kesejatian jiwa”.

Musik adalah suara jiwa. Jika nada-nada dilantunkan dalam melodi kesedihan, maka nada itu menghadirkan kenangan silam di saat gundah dan putus asa. Tapi jika dilantunkan pada saat hati senang, musik menghadirkan kenangan silam di saat damai dan bahagia.

Musik adalah suara alam (EL Pohan). Alunan nada musik adalah dialog antar isi hati manusia. Musik bagaikan cinta yang memengaruhi perjalanan hidup manusia.

Musik adalah komposisi kesedihan, penderitaan, serta ratapan kematian. Musik juga mampu menjadi rintihan pujian yang mencabik-cabik kebekuan hati. Musik adalah khotbah matahari saat menghidupkan bunga-bunga di taman dengan sinarnya yang penuh kehangatan. (bangsa Barbar)

Musik adalah suatu hal spiritual yang dapat menghipnotis manusia (Jimmi Hendrix).

Musik adalah sahabat gembala di saat-saat sunyi, ketika duduk melepas penat di batu-batu cadas sementara dikelilingi kawanan domba. Dari sentuhan jemari dan tiupan gembala pada serulingnya mengalunlah irama merdu yang sangat akrab di telinga gembalaannya, sehingga hewan-hewan itu menikmati rerumputan segar dan tenang. Alunan musik juga memimpin keberangkatan para pengembara.
Musik meringankan rasa lelah dan penat serta membuat jauhnya jarak perjalanan yang ditempuh menjadi terasa dekat. Bahkan unta tidak beringsut dari tempat diamnya kecuali setelah mendengar senangung aba-aba pengiringnya. Unta-unta khalifah juga tidak akan sanggup membawa dan menahan beratnya barang-barang bawaan kecuali giring-giring telah di kalungkan di lehernya. Tanpa maksud mengada-ada, bahkan para pawang masa-masa sekarang ini pun menjinakkan dan melatih binatang buas dengan senandung dan suara-suara merdu (Musik Bahasa Jiwa, Kahlil Gibran, Fajar Pustaka Baru).

Musik adalah desah nafas yang mengumandangkan gejolak sesal raja Daud. Kedukaan sang raja telah menciptakan nyanyian sedih yang mempesona.

Musik bahkan disebut sebagai “bagian dari metabolisme remaja”.

Musik adalah karunia ilahi (Rumsey Wiley).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar